Dasar Shinshin Toitsu Aikido

Satu fenomena unik dalam aikido adalah bahwa setiap individu atau kelompok mempunyai ciri khas tersendiri terhadap interpretasi tehnik maupun cara melakukan tehnik. Namun begitu, secara garis besar fundamen pokok sebagai garis besar tehnik aikido tetaplah sama. Koichi Tohei Shihan adalah salah satu fenomena luar biasa dalam Aikido, sebagai orang yang pernah besar dan membesarkan Aikikai, yang kemudian memilih mendirikan aliran aikido sendiri; Shinshin Toitsu aikido. Di masa tahun 1960-an, Tohei adalah pimpinan para instruktur di Aikikai Hombu. Tehniknya banyak menjadi rujukan bagi para praktisi di Aikikai saat itu, maupun oleh para pengikutnya baik di Jepang maupun luar Jepang. Salah satu muridnya yang kemudian juga menjadi fenomenal di Aikikai Hombu adalah Seigo Yamaguchi Shihan (Dan 9), dimana dari Yamaguchi shihan lahir juga pengajar aikido yang mumpuni seperti Seishiro Endo Shihan (Dan 8), Mastoshi Yasuno Shihan (Dan 7), atau Christian Tissier (Dan 7).

Film Fundamental Concept Principle and Elementary Course dibuat di masa ketika Tohei menjadi Shihan Buco di Aikikai Hombu, dan dibuat untuk memberi penjelasan tentang apa itu aikido, metode dan latihan aikido, serta dasar-dasar tehnik aikido. Di dalam film ini terlihat nyata bahwa tehnik aikido Tohei Shihan begitu dinamis, sirkular dan menghindari posisi statis.

  • Koichi Kashiwaya : Shinshin Toitsu Aikido

Koichi Kashiwaya adalah salah satu murid senior Koichi Tohei Shihan. Dalam video ini Koichi Kashiwaya menjelaskan kurikulum Shinshin Toitsu aikido, mulai dari senam pemanasan dasar (taiso), kemudian dasar-dasar  waza atau tehnik Shinshin Toitsu aikido dari kyu 5 hingga kyu 2.

 

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar