Aikido Klasik

Aikido merupakan fenomena seni bela diri yang relatif baru di era pasca perang dunia ke 2. Pendiri dan para penyebar aikido mulai di kenal dan mendunia pada kurun waktu masa ini. Di muali dengan Morihei Ueshiba (pendiri aikido), para murid seniornya yang kemudian menjadi guru-guru yang mengembangkan gaya teknik dan pendekatan mereka masing-masing yang unik terhadap aikido. Di kemudian hari, pendekatan dan gaya tehnik para guru senior tersebut menjadi ragam aliran aikido tersendiri yang mendunia.

Dalam rekaman video classic bisa dilihat bagimana kiprah para guru aikido senior dalam mengembangkan tehnik dan menyebarkan aikido.

  • Morihei Ueshiba: Demonstration O-Sensei (sebutan untuk Morihei Ueshiba) di dojo Johoku tahun 1962.
  • Gozo Shioda: Pendiri Yoshinkan Aikido memberikan demonstrasi aikido ditahun 1958.
  • Koichi Tohei: Kelas di Aikikai Hombu dimana Koichi Tohei masih menjadi kepala pelatih di Aikikai Hombu Dojo pada tahun 1962. Tohei Sensei mengajar kelas dengan latihan “ki” yang kemudian diikuti dengan tehnik bebas. Di kemudian hari Koichi Tohei mendirikan style aikidonya sendiri dan mendirikan Shinshin Toitsu aikido.
  • Kisshomaru Ueshiba: Teknik Doshu ke 2 Aikikai Hombu dengan gerakan melingkar dan tehnik lembut, dimana banyak Shihan Aikikai terpengaruh oleh pendekatan tekniknya. Film diambil pada tahun 1962 di Aikikai Hombu Dojo.
  • Morihiro Saito: Rekaman ini diambil oleh NHK dan berlokasi di Iwama pada tahun 1973. Saito Sensei adalah  kepala pelatih di dojo Iwama dan penjaga Kuil Aiki dari tahun 1969 hingga meninggalnya pada tahun 2002.

 

Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar